Beranda > Daerah > 1,3 M Dikucurkan, PDAM Tak Berfungsi

1,3 M Dikucurkan, PDAM Tak Berfungsi

SDC10450ACEH TIMUR, Transparan. Keinginan masyarakat Desa Bayeun Kecamatan Rantau Selamat Kabupaten Aceh Timur untuk mendapatkan air bersih dari PDAM, yang dibangun tahun 1997 lalu belum juga terwujud. Kabarnya, PDAM tersebut ditahun 2002 lalu akan berfungsi dan dapat dioperasikan. Namun, kenyataannya hingga kini keberadan PDAM tersebut belum juga dapat dinikmati oleh masyarakat setempat.

Apa gerangan terjadi? Ini pula yang menghantui dan dijadikan pertanyaan besar dikantong warga Bayeun, seiring berputarnya waktu serta terselimut janji kosong yang kian berkembang, kini telah berbuah menjadi kekecewaan, air pun tak pernah mengalir.

“Kami sendiri tidak tahu apa permasalahan terhadap PDAM itu, sampai saat ini belum juga berfungsi. Padahal, sepengetahuan kami tahun 2002 lalu,  dikatan bahwa PDAM akan berfungsi. Tapi apa kenyataannya? Toh… sampai saat ini belum ada setetespun air yang keluar dari PDAM tersebut” jelas warga.

“Oke lah… untuk janji ditahun 2002 lalu mungkin dapat kita maklumi, karena pada masa itu terjadi konflik panjang, sehingga mereka tidak berani masuk ke lokasi PDAM, sebab dalam situasi seperti itu, memang semua orang merasa ketakutan dalam beraktifitas” ungkap Razali warga Desa Bayeun di lokasi PDAM kepada Transparan beberapa waktu lalu.

Menanggapi permasalahan tersebut, warga setempat berusaha untuk membuat sumur bor dimasing-masing rumah mereka, meskipun sampai saat ini masih belum dimiliki oleh setiap rumah, setidaknya dapat mengurangi sedikit beban mereka untuk mendapatkan air bersih.

Sebelumnya, sesuai keterangan diperoleh, warga cenderung mendapatkan air bersih dari sejumlah rumah yang telah terlebih dahulu memiliki sumur bor, akan tetapi disaat rasa malu mengganyuti mereka karena keseringan minta air dengan tetangga, mereka terpaksa harus menimba air sumur yang berada di sekolahan tak jauh dari pemukiman warga.

“Sepengetahuan kami, tahun 2007 lalu ada dilakukan perbaikan, kami kira setelah itu sudah dapat difungsikan, tapi lagi-lagi kami kecewa, air tidak pernah sampai kerumah kami.” ujar Adi masih warga setempat.

Ironis, sesuai data diperoleh, pada tahun 2007 PDAM memperoleh Dana Alokasi Umum (DAU) senilai 1,3 M, untuk melakukan rehabilitasi fasilitas PDAM di Desa Bayeun Kecamatan Rantau Selamat Kabupaten Aceh Timur. Kabarnya, yang dilakukan hanya untuk pengecetan dan pemasangan pipa induk, dan mungkin sedikit perbaikan sarana utilities penjernihan air.

Namun, dana yang tergolong besar tersebut, toh …. ternyata tidak juga dapat mengaliri air kerumah warga, Mengapa ?.

Sayangnya jawaban tersebut juga belum dapat diperoleh, bukan karena tidak ingin melakukan klarifikasi atas persoalan tersebut, hanya saja Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Aceh Timur, kerap tidak berada ditempat saat akan dikonfirmasi media ini. Jawaban yang selalu diperoleh dari sejumlah pegawai dilingkungan tersebut “bapak sedang keluar” tanpa menjelaskan kemana pergi sang kepala dinas. (TR10)

Iklan
Kategori:Daerah Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: