Beranda > Daerah > Peringatan BBGRM dan HARGANAS Gubernur Aceh Serahkan Rp. 100 Juta

Peringatan BBGRM dan HARGANAS Gubernur Aceh Serahkan Rp. 100 Juta

gubAceh Timur, Transparan- Peringatan Bulan Bhakti Gotong-royong Masyarakat sebagai program Pemerintah dilaksanakan secara menyeluruh di Kabupaten/Kota di tanah air. Khusus tingkat Nasional kegiatan ini dipusatkan di Pekan Baru, Riau pada 19 Juni 2009 lalu. Sedangkan untuk Provinsi Aceh kegiatan ini dipusatkan di Kabupaten Aceh Timur, Rabu (29/7) pagi di Lapangan sepak bola MIN Kecamatan Idi Rayeuk.

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Aceh, Drh. Irwandi Yusuf, dalam rangka memperingati Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-VI dan Hari Keluarga Nasional ke–XVI tingkat Provinsi Aceh. Dia mengatakan, setahun lalu, pernah berjanji akan memberikan bantuan senilai Rp. 100 juta kepada masyarakat Aceh kini kedatangannya untuk menepati janji tersebut,“Hari Peringatan BBGRM kita peringati di Aceh Timur pada 13 Juli 2008 lalu, janji Gubernur dihadapan masyarakat Aceh, bahwa Tahun 2009 Pemerintah Aceh akan memberikan bantuan sebesar Rp. 100 Juta kepada setiap Gampong di Aceh” ujarnya.

Acara penyerahan dana bantuan tersebut dilakukan secara simbolik kepada para Bupati, Walikota yang telah menyerahkan Bantuan Keuangan Peumakmu Gampong (BKPG) dan Alokasi Dana Gampong (ADG) kepada perwakilan gampong seluruh Aceh. Gubernur juga menambahkan bahwa bantuan ini guna meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, “ bantuan ini bertujuan mendorong pemerataan pembangunan, pengurangan kemiskinan, dan modal usaha untuk warga gampong”ujarnya.

Program ini nantinya akan dilaksanakan, diawasi dan dipelihara oleh masyarakat gampong sendiri dengan dibantu oleh fasilitasi konsultan di tiap-tiap Kabupaten Kota, Kecamatan dan Gampong, fasilitasi atau Pendamping sendiri bukanlah untuk mencampuri masyarakat gampong dalam membuat perencanaan, melainkan untuk mempermudah semua proses yang sudah dicanangkan warga. Gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat dan World Bank yang telah mengintegrasikan Program Pemerintah Aceh dengan PNPM Mandiri, terutama dalam menyediakan dana untuk gaji konsultan dan fasilitator yang akan membantu warga.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Aceh Timur, Muslim Hasballah juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Aceh beserta rombongan yang hadir kembali mengunjungi Kabupaten Aceh Timur. Bupati mengatakan, agar kegiatan ini dapat lebih ditingkatkan lagi ditengah-tengah masyarakat.  karena semangat gotong royong dan kepedulian, merupakan warisan budaya masyarakat kita yang berlaku sejak dahulu”ujarnya. Bupati mengharapkan kepada para Camat, Mukim dan Geuchiek agar tetap menghidupkan semangat gotong royong dalam pembangunan Gampong untuk mewujudkan keluarga dan masyarakat sejahtera.

Disisi lain, Ketua Panitia, Drs. H.M. Ali Basyah, MM sebagai Ketua BPM Aceh mengatakan, tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan, melalui kegiatan ini dapat kita tingkatkan lagi pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan di Gampong. Sedangkan sasarannya antara lain untuk meningkatkan kebersamaan dan kegotong-royongan masyarakat dalam membangun Gampong, demikian Ali Basyah.(TFan)

Iklan
Kategori:Daerah Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: