Beranda > Daerah > Tukijah, si Tukang Tempe Terima Bantuan

Tukijah, si Tukang Tempe Terima Bantuan

aidil fanLANGSA, Transparan- Tukijah, 39 tahun, warga Geudubang Jawa, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, yang masuk dalam kolom ‘Sosok’ SKM Berita Transparan edisi 8 dengan judul ‘Hidup Dengan Tempe’, hari Kamis sekitar pukul 12.00 kedatangan rombongan Pimpinan Baitul Mal Kota Langsa, Aidil Fan yang didampingi Sekretaris Abdul Kayyun dan Manajer Unit Usaha Hendra. Maksud kedatangan mereka ke rumah Tukijah untuk memberikan sumbangan bantuan modal usaha sebesar Rp 2 juta karena selama ini Tukijah mendapatkan modal usaha dari seseorang dengan imbalan bunga yang dirasa cukup tinggi.

Menurut Tukijah, bantuan modal usaha yang ia terima akan dimanfaatkan untuk membeli mesin giling pemecah kedelai karena selama ini untuk memecah kedelai bahan baku tempe masih menggunakkan cara manual.

Menurut Aidil Fan yang juga Ketua Komisi A DPRK Langsa, bantuan usaha yang diberikan oleh Baitul Mal kepada Tukijah tetap harus dikembalikan selama jangka waktu 1 tahun tetapi tanpa bunga. Cara pembayarannya juga dilakukan dengan cara dicicil setiap bulannnya ke kantor Baitul Mal Kota Langsa, Jl. H Agussalim no. 5C, Kota Langsa. Pemberian bantuan ini juga diharapkan dapat membantu dari segi permodalan yang selama ini dirasakan Tukijah masih kurang. ‘Usaha harus ada kesungguhan, keseriusan dan jangan lupa sholat’, kata Anggota DPRK Langsa yang akan mengakhiri masa tugasnya pada bulan ini, kepada Tukijah.

Aidil Fan menambahkan, apabila Tukijah mengembalikan modal usaha dengan lancar, maka tidak menutup kemungkinan, kedepan, pihaknya akan memberikan pinjaman modal usaha yang lebih besar.

Pimpinan Baitul Mal Kota Langsa dalam wawancara di Kantor Redaksi SKM Berita Transparan Jl. Panglima Polem no. 79 Kota Langsa, mengatakan bahwa Baitul Mal Kota Langsa mendapatkan dana dari infaq produktif yang disalurkan setiap tahunnya kepada masyarakat tidak mampu yang telah melakukan usaha. Hal ini untuk mencegah agar masyarakat tidak mampu dalam mencari modal terhindar dari ujon atau rentenir. Aidil Fan mengaku merasa kecewa karena selama ini masih banyak rentenir yang mengincar masyarakat yang kurang mampu dengan iming-iming memberi bantuan modal padahal mereka mencari keuntungan yang sangat besar.

Jumlah masyarakat kurang mampu di Kota Langsa yang perlu dibantu, sebenarnya masih cukup banyak, oleh karena itu ia mengharapkan masyarakat yang mampu lebih peduli terhadap sesama dengan menyalurkan infaqnya melalui Baitul Mal Kota Langsa.

Aidil Fan juga mengucapkan terima kasih kepada SKM Berita Transparan, dan berharap pemberitaan-pemberitaan seperti ini dapat menjadi icon sesuai dengan misi Transparan yaitu hadir untuk rakyat, dan pemberitaan-pemberitaan seperti ini juga tidak hanya dilakukan oleh media ini saja tetapi juga oleh semua media. (TR03)

Iklan
Kategori:Daerah Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: