Beranda > LAPORAN UTAMA > Hakikat Orientasi Mahasiswa Baru

Hakikat Orientasi Mahasiswa Baru

LANGSA, Transparan- Kegiatan masa perkenalan mahasiswa baru (Maspamaru) dalam rangka melaksanakan orientasi kampus di Universitas Samudra Langsa, bertujuan meningkatkan kapasitas dan kemampuan calon mahasiswa selain sabagai salah satu upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada lingkungan kampus, sehingga dipandang perlu untuk mengikuti Maspamaru sampai dengan selesai, apabila ada mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan tersebut, maka jangan harap dapat dilibatkan dalam organisasi internal kampus, baik itu badan eksekutif mahasiswa maupun senat mahasiswa fakutas. Demikian yang di katakan Rektor Unsam Langsa Ir.H Bachtiar Harun MS saat membuka acara Maspamaru. Minggu (16/8) di halaman kampus.

Disisi lain Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Dicky Vernando, mengatakan, bahwa pelaksanaan maspamaru adalah sebuah keharusan yang terus dilaksanakan, Maspamaru bukan ajang perpeloncoan tapi ajang perkenalan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus, system akademik, struktur organisasi kemahasiswaan yang ada dikampus dan perkenalan dengan para senior yang telah terlebih dahulu mengikuti perkuliahan ini. Menurutnya, hakikat orientasi kampus yakni untuk lebih memberi gambaran kepada mahasiswa baru bagaimana sebenarnya mahasiswa itu sendiri, bahwa mahasiswa adalah kaum intelektual yang dituntut untuk dapat menyumbangkan konstribusi dalam pemikiran dan tenaga dalam pembangunan daerah.

Kegiatan ini untuk mencetak pondasi mahasiswa agar benar-benar mampu menjadi mahasiswa seutuhnya bukan anak kuliahan yang datang, duduk, dengar, diam dan pulang. Mahasiswa adalah insan yang memiliki kemampuan, sadar akan peran, tugas dan tanggung jawabnya. Inilah yang perlu ditanamkan kepada mahasiswa baru sehingga terjadinya proses pengkaderan yang mampu me-ngimplimentasikan tri dharma perguruan tinggi.

Sementara itu Panitia pelaksana maspamaru tahun akademik 2009, Kamaruzzaman me-njelaskan, mahasiswa yang diterima pada tahun ini sebanyak 1420 orang, dengan rincian, Fak.Ekonomi 318 orang, Fakultas Pertanian 259, Fak.Hukum 199, Fak.Tekhnik 181 dan FKIP sebanyak 463 orang. Untuk mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta maspamaru 2009 adalah sekitar 1000 orang dari lima fakultas tersebut. Untuk mengisi aktifitas maspamaru, panittia telah menyusun schedull time mulai dari tangal 16 s/d 19 Agustus 2009, ada oreintasi materi yang disampaikan oleh kalangan akademisi, outbond dan game topic yang sifatnya membangun dan mengasah pola pikir mahasiswa.

Desi Rahma Yanti, salah seorang peserta maspamaru 2009 yang dimintai komentarnya mengatakan, senang mengikuti kegitaan ini, bisa bertambah wawasan, kenal dengan kakak senior, mengetahui bagaimana lingkungan kampus dan  banyak mengenal teman baru dari berbagai daerah seperti Aceh Timur, Aceh Tamiang dan Kota Langsa.

Pokoknya asyik tapi ada juga kesalnya, ujar Desi, menjawab pertanyaan Transparan. Mahasiswa baru Fak. Ilmu pendidikan & Keguruan, Prodi IPS/Sejarah ini mengaku, gimana tidak kesal bang, kita disuruh isap kompeng (dot-red) oleh panitia. Namun Desi mengakui bahwa rangkaian kegitan maspamaru tersebut bertujuan baik, manfaatnya juga untuk mahasiswa baru kedepannya. Disini juga terjadi hubungan emosional yang akrab, kebersamaan dan kompak dalam segala hal, lihat pakaian saya sama dengan yang lainya jadi tidak ada perbedaan antara orang kaya dan miskin. Ketika ditanya mengapa memilih masuk Unsam, Desi mengatakan tidak ada bedanya kuliah diluar daerah atau didaerah sendiri yang terpenting personalnya belajar sungguh-sungguh atau tidak. Toh, kedepan Unsam juga su-dah negeri, jadi saya bersemangat kuliah disini, pungkas Desi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Samudra Langsa, para pembantu Rektor, Dekan masing-masing fakultas dan senat mahasiswa sekawasan Unsam Langsa.(TR13)

Iklan
Kategori:LAPORAN UTAMA Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: